Wilujeng Sumping Di Website Bewara Jabar

Berita Harian Seputar Jawa Barat

Menko Maritim: Ekonomi Kita Tidak Berkiblat Ke AS Ataupun China

  • 34 views
  • 0 comments

bewarajabar.com - Perang dagang antara Amerika Serikat dan China tidak lain disebabkanoleh begitu luar biasanya perkembangan ekonomi negeri tirai bambu.


Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan salah satu faktor kebangkitan ekonomi China dikarenakan banyak tumbuh usaha kecil kemasyarakatan atau UMKM.

"Perkembangan China ini sangat luar bisa. Mengapa? Karena UMKM di sana begitu berkembang dan kita pun belajar dari China," ujar Luhut dalam Seminar NAsional bertema Pengembangan UMKM dan Workshop Menembus Pasar Digital diSheraton Ballroom, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (7/2).

Pada tahun 2000, dikatakan Luhut, China berada pada peringkat kelima dan terus meningkat pada tahun 2017 berada di peringkat kedua ekonomi dunia.

Keberhasilan China dalam membangun ekonomi melalui UMKM, lanjutnya, menjadi salah satu pelajaran penting bagi Indonesia di mana memilii lebih banyak potensi UMKM untuk dikembangkan.

Hanya saja, dia menegaskan, belajar dari bagaimana China berkembang tetap tidak mengubah arah pembangunan bangsa yang mandiri dengan mengoptimalkan potensi yang ada.

"Presiden Jokowi sudah mengatakan bahwa ekonomi kita tidak berkiblat ke AS ataupun ke China, kita harus bisa membangun ekonomi kita sendiri," demikian Luhut.

Seminar tersebut digelar dalam rangkaian acara Hari Pers Nasional Jawa Timur 2019 yang menjadikan Kota Surabaya sebagai tuan rumah. [Humas]
Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Bewara Jabar, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
jasa pembuatan website murah
©2017 Bewara Jabar All right reserved
Kriminalitas Siber di Dunia Perbankan Perlu Diwaspadai    |    Melalui t-money, bank bjb syariah Lawan Kasus Korupsi    |    Perkokoh Ekonomi Warga via Kredit UMKM bank bjb    |    bank bjb Berkomitmen Dukung Literasi Nasional    |    Hadapi Tantangan 2019 dan Sejumlah Isu, bjb Praktikan Spirit Digitalisasi    |