Wilujeng Sumping Di Website Bewara Jabar

Berita Harian Seputar Jawa Barat

Matthew Mengaku Seni yang Paling Ia Senangi Adalah seni Pertujukan Wayang Kulit.

  • 66 views
  • 0 comments

 Purwakarta, bewarajabar.com BERBICARA disiplin ilmu seni dan budaya, Indonesia memang “gudang” nya. Hal ini sudah bukan  rahasia umum lagi, bagi kalangan Intelekual atau para ahli dibidangnya.

Hal ini dialami Matthew Isaac Cohen, seorang Guru Besar seni budaya Nusantara dari “Royal Holloway University” Inggris. Matthew mengaku, seni yang paling ia senangi tiada lain adalah seni pertujukan Wayang Kulit.

Selama mendalami seni pertujukan Wayang Kulit, Matthew selain belajar bahasa Indonesia, juga mempelajari bahasa Jawa.


“10 tahun saya belajar menjadi Dalang Wayang Kulit, sehingga saya lebih ingin mengenal lebih dalam tentang seni pertunjukan Wayang Kulit Indonesia,” ujarnya saat hendak mengisi acara pertunjukan Wayang Kulit di Kabupaten, Purwakarta.

Matthew mengaku, selama belajar menjadi Dalang Wayang Kulit. Selalu merasa takjub kepada Dalang Wayang Kulit pribumi yang selalu melafalkan kalimat “jimat” berbahasa Jawa. Sebelum menunjukkan atau membuka pentasnya.

”Terlihat sangat hidup, saat saya menyaksikan pentas Wayang Kulit. Yang dibawakan oleh seorang Dalang dari Keraton Hadiningrat Jogjakarta. Dan seorang Dalang dari Cirebon,” katanya dengan agak heran.

Selama bulan Juli 2018 lalu, Profesor dalang Wayang Kulit dari negeri yang dijuluki “The Three Lion” itu. Ketika mendapat kesempatan untuk tampil, mengisi pagelaran Wayang Kulit Nasional. Salasatu Program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Acara Kemendikbud ini bertema “Performance Pantura Tour 2018” yang ditampilkan di kota-kota budaya. Matthew juga mengajak keluarga dan beberapa orang mahasiswanya, saat manggung di Pulau Jawa.


Abi Jahwir, Kasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Purwakarta. Menjelaskan, acara Wayang Kulit “Khas” Cirebon yang tampil di alun-alun Kiansantang Kabupaten, Purwakarta beberapa waktu yang lalu itu. Tampil dimulai sejak pukul 20.00.WIB sampai 23.00.WIB.

Dan acara ini berlangsung, sekaligus dalam rangka perayaan Hari Jadi Purwakarta ke-165 dan Hari Jadi Kabupaten Purwakarta ke-50.

Ketika pentas Wayang Kulit di Kabupaten Purwakarta, Matthew membawakan cerita “Batara Yudha”. Dan disaksikan oleh para pejabat setempat serta mendapat antusias dari warga masyarakat Purwakarta. 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Bewara Jabar, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
jasa pembuatan website murah
©2017 Bewara Jabar All right reserved
Kriminalitas Siber di Dunia Perbankan Perlu Diwaspadai    |    Melalui t-money, bank bjb syariah Lawan Kasus Korupsi    |    Perkokoh Ekonomi Warga via Kredit UMKM bank bjb    |    bank bjb Berkomitmen Dukung Literasi Nasional    |    Hadapi Tantangan 2019 dan Sejumlah Isu, bjb Praktikan Spirit Digitalisasi    |